Header Ads

PEMAHAMAN BANGSA DALAM KERAGAMAN BUDAYA


Pokok pikiran :
1. Sejak zaman sejarah, nusantara adalah kawasan yang dihuni oleh berbagai suku dan kebudayaan yang berbeda-beda. Tercatat lebih dari 300 suku mendiami Indonesia. Dengan berbagai perbedaan tersebut, tidak mengurangi para pendiri bangsa untuk membentuk sebuah Negara kesatuan, negara yang melindungi kepentingan semua golongan, negara yang menjadikan perbedaan sebagai modal untuk membangun peradaban, negara yang bernama Indonesia.
2. Indonesia sebagai sebuah negara yang berbangsa-bangsa dan bersuku-suku hendaknya dipahami sebagai sebuah realitas kemajemukan. Selama ini perbedaan acap menjadi pemicu lahirnya konflik, baik horizontal (antar suku/agama) maupun fertikal (politik & kekuasaan). Bahkan taklimat Bhineka tunggal Ika yang merupakan ruh kebangsaan tidak lebih sering diajarkan dan diingat daripada Pancasila, yang sejatinya adalah sublimasi dari kebhinekaan itu sendiri.
3. Dengan realitas kemajemukan bangsa yang ada, diperlukan sebuah sikap untuk saling pengertian (mutual understanding) dan saling menghargai (mutual respect) antar sesama warga negara. Kerenanya, toleransi menjadi sikap kunci untuk menciptakan perdamaian dan kerjasama membangun Indonesia.
Posting Komentar
Kirim Feedback
×
_

Kirim Feedback kepada Admin,... Terima kasih.

×
Judul