Header Ads

Peringati Harlah ke 54, Lesbumi Sulut Gelar Diskusi Buku dan Raker

Manado, Menjelang peringatan hari lahir (Harlah) ke 54, PWNU Lesbumi Sulawesi Utara akan menggelar diskusi buku dan rapat kerja (raker) pengurus. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu, 26 Maret 2016 bertempat di Kantor Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sulut. Rencananya, pagelaran itu akan dimulai sejak pukul 10.00 Wita, hingga selesai.

Dalam diskusi buku nanti, Lesbumi akan membedah sebuah karya penelitian dari seorang sejarawan di Sulawesi Utara, Dr. Ivan Kaunang , yang juga sebagai narasumber inti. Kali ini, akan didiskusikan buku karangan Ivan tentang Bulan Sabit di Nusa Utara; Perjumpaan Islam dan Agama Suku di Kepulauan Sangihe dan Talaud. Sebuah buku yang berasal dari tesis pascasarjana penulisnya dan pernah terbit pada tahun 2010 lalu.

Menurut Taufik Bilfagih, Ketua PWNU Lesbumi Sulut, diskusi buku kali ini menjadi agenda penting untuk mengetahui sejarah Islam Lokal. Mengingat kajian tentang sejarah Islam di bumi Nyiur Melambai tergolong minim. “Diskusi Buku tentang masuknya Islam di Sulawesi Utara kali ini merupakan follow up dari hasil rencana tindak lanjut (RTL) Halaqah Kebudayaan beberapa waktu lalu. Kajian ini penting untuk menambah khazanah pengetahuan ummat Islam, khususnya warga NU di Sulut” Imbuhnya.

“Kajian buku ini juga akan menjadi momen bagi Lesbumi Sulut untuk memperingati Harlahnya ke 54 yang jatuh pada 28 Maret nanti. Dilanjutkan dengan adanya rapat kerja pengurus sebagai momen evaluasi dan melanjutkan program ke depan” Lanjut Taufik.

Sebelumnya, PWNU Lesbumi Sulut telah sukses menggelar Halaqah Kebudayaan bertajuk Islam Nusantara; Menjaga Tradisi Dari Aras Lokal Di Tengah Tantangan Global pada 10-12 Maret lalu. Dari hasil pagelaran itulah kemudian, Lesbumi Sulut berkomitmen untuk melanjutkan tradisi belajar tentang sejarah dan kebudayaan lokal, khususnya berkaitan dengan eksistensi Islam Nusantara yang berkembang di bumi Toar Lumimuut. 


Bagi warga NU yang berada di Manado dan sekitarnya, dapat menghadiri peringatan Harlah Lesbumi tersebut. Kegiatan tersebut juga akan dimeriahkan dengan pentas seni budaya. Hadirilah. !
Posting Komentar
Kirim Feedback
×
_

Kirim Feedback kepada Admin,... Terima kasih.

×
Judul