Header Ads

Ziarah Kebudayaan; Rekam Jejak Islam Minahasa

Kita bisa membaca sejarah datangnya Islam ke Sulawesi Utara, khususnya di Minahasa melalui lembaran sejarah yang ditulis oleh praktisi sejarah, baik yang terbukukan, atau sekadar terbit di media cetak dan elektronik. Banyak perspektif disana. Beragam catatan dan informasi. 

PWNU Lesbumi Sulut, memiliki program bulanan untuk melakukan tour / ziarah kebudayaan lokal. Program ini menjadi agenda penting bagi Lesbumi untuk kembali belajar tentang sejarah dan kebudayaan Islam di daerah Sulawesi Utara. Sekaligus menjadi kesempatan untuk membangun wacana independen tentang kesejarahan Islam Lokal. 

Sebelumnya, Lesbumi telah menggelar diskusi buku tentang Bulan Sabit di Nusa Utara, yang membahas sejarah perjumpaan Islam dengan masyarakat di Kepulauan Sangihe dan Talaud. Pastinya dengan program ini, diharapkan generasi muslim Sulut akan menulis tentang sejarahnya sendiri. Komunitas ini juga akan memanfaatkan ziarah kebudayaan lokal sebagai media belajar memahami, menganalisa semua struktur sosiologis yang berkaitan dengan eksistensi Islam Lokal.

Pada 16 April 2016 nanti, Lesbumi Sulut melalui Devisi Kajian, Riset Budaya dan Penerbitan, akan mengadakan program tersebut. Kali ini, ziarah akan mengunjungi Minahasa Tenggara. 

Sebagaimana diketahui, Islam masuk ke Minahasa Tenggara pada 1525 melalui Belang. Menurut catatan sejarah, perkembangan Islam di Minahasa dibawa oleh orang--orang Bolaang Mongondow. Semakin bertumbuh setelah masuknya para pejuang-pejuang Islam yang di"buang" oleh kolonial dari pulau Jawa ke tanah Minahasa, sebut saja seperti Kiai Modjo dan Imam Bonjol.

Untuk membaca secara spesifik tentang perkembangan Islam dan perjumpaannya di Minahasa Tenggara, maka diharapkan program ziarah kebudayaan nanti memiliki hasil yang benar-benar bermanfaat bagi khazanah pengetahuan sejarah Islam di Sulawesi Utara.

Objek "Penelitian"
1. Sejarah Masuk Islam
2. 'Situs' peninggalan sejarah
3. Tradisi yang pernah dan masih eksis
4. Proses perjumpaan penyebar Islam dengan masyarakat lokal
5. Dokumentasi sejarah

Bagi Anda yang ingin ikut pada program ini, silahkan berkunjung ke sekretariat kami. 
Posting Komentar
Kirim Feedback
×
_

Kirim Feedback kepada Admin,... Terima kasih.

×
Judul