Header Ads

Santri Non Muslim INGAGE Ikut Jum'atan

Sepintas, Anda akan menganggap gambar di atas adalah situasi rapat pengurus masjid atau kumpulan majlis ta'lim yang sedang melaksanakan pengajian. Namun faktanya, foto tersebut adalah sebuah pertemuan pasca Shalat Jum'at di sebuah Masjid Kota Manado, antara pengurusnya dengan peserta Interfaith New Generation and Engagement (INGAGE).

Mereka yang berkopiah, sarungan, berjilbab bahkan menggunakan mukenah, sesungguhnya bukanlah pemuda pemudi Muslim. Ada Kristen, Hindu, Budha dan penganut kepercayaan agama lokal yang tergabung dalam kepesertaan kegiatan INGAGE. Mereka bukan sedang melakukan masuk (pindah) ke agama Islam. Mereka juga, tidak bermaksud untuk mendangkalkan keyakinan (iman) mereka sebagai pemeluk agama yang selama ini dipeluk.

Peserta INGAGE tersebut hanya belajar, ingin tahu dan memahami lebih jauh tentang Islam, khususnya ketika menggelar shalat Jum'at. Ini adalah satu proses dinamika yang terjadi dalam kegiatan INGAGE. Pemuda-pemudi tersebut diajak untuk mengenal agama lain sekaligus mengapresiasi keberadaan dan kebenaran para pemeluknya. Dengan cara ini juga, akhirnya diharapkan akan mampu menciptakan sebuah tatanan masyarakat yang saling bergandengan ditengah perbedaan (toleransi).

Mardiansyah Usman, Pengurus Lesbumi NU Sulut, sekaligus sebagai panitia daerah menyampaikan, bahwa keunikan dari prosesi non muslim masuk ke masjid di Manado hampir sering terjadi. "Non Muslim masuk masjid, apakah karena ada kegiatan atau agenda lainnya, di Manado sudah sering terjadi. Uniknya, jika mereka kemudian menggunakan atribut pakaian yang sering digunakan orang Islam untuk Shalat (Sembahyang). Nah, di INGAGE ini, anak-anak muda yang menjadi peserta enjoy dan memanfaatkan semua ini untuk pengetahuan mereka." Ungkapnya.

INGAGE akan berakhir pada kegiatan Live In pada 3 hari terakhir. Semua peserta akan menginap di rumah orang lain yang berbeda keyakinan dan tradisi. Semoga bermanfaat !
Posting Komentar
Kirim Feedback
×
_

Kirim Feedback kepada Admin,... Terima kasih.

×
Judul