Header Ads

Mengenang Kiai Kampung, PWNU Lesbumi Sullut Gelar Refleksi

Syekh Abdusamad Bachdar, berhasil mendirikan desa Tumbak di Kec. Pusomaen Kab. Minahasa Tenggara, yakni sebuah desa yang dihuni oleh 100% muslim di tengah-tengah ummat Kristen.

Syekh juga sukses membentuk desa yang religius namun tetap mampu mengelola keragaman suku bangsa dikalangan sesama muslim, serta jalinan kekeluargaan bersama umat Kristen. 

Jasa ini menjadi berkah bagi masyarakat setempat. Sebab, keharmonisan semua golongan yang berbeda, membuat warga merasa aman dalam menjalankan kehidupan sosial. Sistem barter hasil tangkapan ikan masyarakat muslim dengan panen padi dan kebun umat Kristen melahirkan kebersamaan di tengah perbedaan semakin bergelora.

Selain itu, Syekh juga telah berkontribusi kepada masyarakat dalam bidang pendidikan. Hingga saat ini, tradisi pengetahuan umat senantiasa menjadi amaliah yang terus dijalankan. Bahkan, pola halaqah kebudayaan telah menginspirasi banyak element.

Atas dasar itu, PWNU Lesbumi Sulut bekerjasama dengan Pemerintah Desa dan warga serta didukung oleh Yayasan Al Hikam Cinta Indonesia dan PC GP Ansor Mitra akan menggelar refleksi menjelang HUT ke 99 tahun Desa Tumbak dan Tumbak Madani. 

Rangkaian kegiatan tersebut diantaranya adalah;

1. Bakti sosial
2. Lomba seni dan budaya
3. Malam Doa (pembacaan manaqib Syekh dan maulid diba'/maulid habsyi
4. Parade Band (long march)
5. Orasi Kebudayaan
6. Musikalisasi Puisi
7. Ba uba kampung (tradisi muslim bajo)

Kegiatan dimulai sejak tanggal 14 - 22 April 2017. Adapun acara puncak yakni pada Sabtu, 22 April 2017 mulai pukul 10.00 Wita hingga selesai.

Acara ini juga akan dihadiri banyak tokoh baik dari kalangan pemerintah hingga tokoh masyarakat. 

Semoga kegiatan ini menjadi simbol perjuangan masyarakat desa dalam menjaga tradisi dan semangat gotong royong untuk membangun peradaban Nusantara... !

Salam Budaya
Taufik Bilfagih
Ketua PWNU Lesbumi Sulut/OC Panitia

Mengundang Anda semua !!!

Posting Komentar
Kirim Feedback
×
_

Kirim Feedback kepada Admin,... Terima kasih.

×
Judul